Jagalah Hartamu dengan Zakat

Jagalah Hartamu dengan Zakat

100%

Donasi Terkumpul

Rp 26.828.579

Sisa Waktu

Rp

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang harus ditunaikan bagi setiap umat muslim. Di dalam kitab Lubbabul Hadis bab ke enam belas, imam As-Suyuthi (w. 911) menuliskan sepuluh hadis tentang fadhilah atau keutamaan zakat yang perlu kita perhatikan sebagaimana berikut.

Hadis Pertama:

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الزَّكَاةُ قِنْطَرَةُ الْإسْلَامِ}.

Nabi saw. bersabda, “Zakat itu jembatannya Islam.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ath-Thabarani dari sahabat Abu Ad-Darda’ r.a. dan diriwayatkan juga oleh imam Al-Baihaqi dari sahabat Ibnu Umar r.a.

Hadis Kedua:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الزَّكَاةُ طُهْرُ الْإِيْمَانِ}.

Nabi saw. bersabda, “Zakat itu menyucikan iman.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya.

Hadis Ketiga:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {لاَ يَقْبَلُ اللهُ الْإِيْمَانَ إِلاَّ بِالزَّكَاةِ وَلَا إِيْمَانَ لِمَنْ لَا زَكَاةَ لَهُ}.

Nabi saw. bersabda, “Allah tidak akan menerima keimanan kecuali dengan zakat. Dan tidak ada keimanan pada diri seseorang yang tidak menunaikan zakat.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya.

Hadis Keempat:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {حَصِّنُوا أَمْوَالَكُمْ بِالزَّكَاةِ وَدَاوَوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ وَأَعِدُّوْا لِلْبَلَاءِ الدُّعَاءَ}.

Nabi saw. bersabda, “Jagalah harta-harta kalian dengan zakat, obatilah orang-orang sakit di antara kalian dengan shadaqah, dan bersiap-siaplah terhadap musibah dengan doa.” Hadis ini diriwayatkan oleh imam Ath-Thabarani, imam Abu Nuaim, dan imam Al-Khathib dari sahabat Ibnu Mas’ud r.a.

Hadis Kelima:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَا هَلَكَ مَالٌ فِيْ بَرٍّ وَلَا بَحْرٍ إِلاَّ بِمَنْعِ الزَّكَاةِ}.

Nabi saw. bersabda, “Tidaklah ada harta yang hancur di dalam daratan maupun lautan kecuali disebabkan dengan tidak membayar zakat.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya.

Hadis Keenam:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {لَا إِيْمَانَ لِمَنْ لَا صَلاَةَ لَهُ وَلَا صَلاَةَ لِمَنْ لَا زَكَاةَ لَهُ}.

Nabi saw. bersabda, :Tidak ada keimanan bagi orang yang tidak melaksanakan shalat, dan tidaklah sempurna shalat seseorang yang tidak membayar zakat.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya.

Hadis Ketujuh:

وَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {طَهِّرُوْا أمْوَالَكُمْ بِالزَّكَاةِ}.

Nabi saw. bersabda, “Sucikanlah harta-harta kalian dengan zakat.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya.

Hadis Kedelapan:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ {مَنْ وَجَبَتْ عَلَيْهِ الزَّكَاةُ فَلَم يَدْفَعْهَا فَهُوَ فِى النَّارِ}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang wajib atasnya zakat, lalu ia tidak membayarkannya, maka ia di dalam neraka.” .” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya.

Hadis Kesembilan:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {لَا خَيْرَ فِيْ مَالٍ لَا يُزَكَّى}.

Nabi saw. bersabda, “Tidak ada kebaikan di dalam harta yang tidak ditunaikan zakatnya.” Berdasarkan penelusuran kami, perkataan tersebut adalah penggalan pidato sahabat Umar bin Khattab r.a. kepada penduduk Madinah yang diriwayatkan oleh imam Ibnu Jarir At-Thabari di dalam kitabnya Tadzhibul Atsar.

Hadis Kesepuluh:

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَنْ مَنَعَ الزَّكَاةَ مَنَعَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ حِفْظَ الْمَالِ}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang menolak membayar zakat, maka Allah akan menolak untuk menjaga hartanya.” Berdasarkan penelusuran kami, kami belum menemukan periwayat hadis ini. Begitu pula di dalam kitab Tanqihul Qaul Al-Hatsits yang merupakan syarah kitab ini, imam An-Nawawi tidak menjelaskan periwayat hadis ini sebagaimana hadis-hadis lainnya.

Tanggal Donatur Nominal
Total Donasi Online Rp 1.097.464
Total Donasi Offline Rp 25.731.115
Total Rp 26.828.579

Donatur

26/06/21

Semoga zakat penghasilan ini dapat membersihkan sedikit dari apa yang semestinya menjadi hak penerima zakat dari hasil yg sudah saya dapatkan.


05/05/21

Dengan zakat ini mudah2 an dapat membersihkan harta, dan menyisihkan titipan dari Allah


03/05/21

Bangkitkan perekonomian melalui zakat


01/04/21

Zakat, Bangkitkan Indonesia